Lyricsearch.net, Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto menjelaskan ada tiga propinsi di Tanah Papua yang riskan masalah keamanan saat pilkada atau Pemilihan kepala daerah 2024. Ke-3 propinsi sebagai wilayah riskan masalah keamanan dari barisan membawa senjata ialah Papua Pegunungan, Papua tengah, dan Papua Barat Daya.

“Karenanya, TNI-Polri akan berusaha memperhitungkan supaya realisasinya bisa berjalan aman dan lancar,” kata Hadi selesai melangsungkan tatap muka tertutup dengan pimpinan TNI-Polri yang bekerja di Tanah Papua di Makodam XVII/Cenderawasih, Kamis, 30 Mei 2024.

Tatap muka tertutup itu mengulas beragam permasalahan mendekati Pemilihan kepala daerah serempak yang hendak dilakukan pada 27 November kedepan.

Adapun daerah yang dipandang riskan ialah Kabupaten Nduga, Paniai, dan Intan Jaya di Propinsi Papua Tengah; Pegunungan Bintang dan Yahukimo di Papua Pegunungan; dan Maybrat di Papua Barat Daya.

“TNI-Polri terus akan mengawasi dan amankan daerah itu termasuk teritori yang lain di enam propinsi di Tanah Papua,” tutur bekas Panglima TNI tersebut. Enam propinsi di Tanah Papua ialah Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua tengah.

Ia memperjelas, untuk memperlancar tingkatan Pemilihan kepala daerah 2024, karena itu alutsista punya TNI-Polri bisa dipakai pelaksana khususnya untuk pengangkutan logistik.

“Untuk mensukseskan penerapan pemilihan kepala daerah sinergitas antarseluruh penopang kebutuhan terus dijaga hingga penerapan pemilihan kepala daerah di Tanah Papua berjalan aman,” papar Hadi.

Adapun Penjabat Gubernur Papua tengah Ribka Haluk ajak semua Komunitas Koordinir Pimpinan Wilayah (Forkopimda) terus jaga kestabilan keamanan mendekati Pemilihan kepala daerah 2024. Menurut Ribka, faktor keamanan terus jadi perhatian serius Pemerintahan Propinsi Papua tengah hingga sekarang mulai lakukan beberapa langkah vital supaya di depan tidak ada perselisihan.

“Publikasi dan mitigasi bisa dilaksanakan supaya pelaksana Pemilihan kepala daerah di daerah Papua tengah nanti bisa berjalan secara aman dan lancar,” katanya di Jayapura, Kamis, 30 Mei.

Seterusnya, Mendagri menjelaskan dua propinsi menjadi perhatian…

Dalam pada itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan dua dari 6 propinsi di Tanah Papua, yaitu Propinsi Papua tengah dan Papua Pegunungan, sekarang ini jadi perhatian mendekati Pemilihan kepala daerah 2024.

“Dari laporan yang terdapat tersingkap dua propinsi itu ialah Papua tengah dan Papua Pegunungan karena saat penerapan pemilu pada 14 Februari lantas terdaftar ke-2 propinsi itu paling lamban menuntaskan penghitungan suara,” kata Tito di Jayapura, Kamis, 30 Mei.

Ia menerangkan tahapan-tahapan pemilihan kepala daerah 2024 sekarang ini telah dilaksanakan seperti penyerahan dana hibah ke pelaksana pemilihan kepala daerah dan lembaga berkaitan yang lain.

Tito menjelaskan dengan keseluruhnya propinsi induk di Tana Papua telah melakukan tingkatan pemilihan kepala daerah, namun kebalikannya di sejumlah kabupaten dan kota masih tetap ada yang masih belum jalan seperti Kabupaten Pegunungan Arfak dan Manokwari di Propinsi Papua Barat dan Yalimo di Papua Pegunungan.