6 Panduan Tentukan Sepatu Lari Supaya Bebas dari Luka

6 Panduan Tentukan Sepatu Lari Supaya Bebas dari Luka

Pilih sepatu lari yang pas ialah cara penting untuk beberapa pelari, baik mereka pemula yang baru masuk ke dunia lari atau mereka yang sudah mempunyai pengalaman. Dengan sepatu yang sama sesuai, bukan hanya performa lari bertambah, tapi juga dampak negatif luka bisa diminimalisir.

Berdasar sebagian pakar, berikut adalah sejumlah panduan waktu pilih sepatu lari yang sesuai badan dan opsi kamu.

1. Tentukan Type Pelari

Saat sebelum pilih dan beli sepatu, hal pertama kali yang harus jadi perhatian ialah di type pelari mana diri kamu. Apa kamu baru seorang pemula atau telah terlatih dalam berlari.Ini pasti punya pengaruh dengan tipe dan type sepatu yang pas buat kamu.

Bayu Prasetio, seorang Techical Ahli dari HOKA Run Klub menjelaskan, “Saat telah nyaman dan temukan perform (lari) yang didapat sekarang ini, itu bisa arahkan ke sepatu yang sesuai tingkatnya,” katanya pada acara Opening HOKA Flylab di Jakarta (24/5/2024).

Umumnya ada 2 type sepatu lari, untuk beberapa pelari eksper dan pelari pemula.

2. Tipe Sepatu Untuk Pelari Eksper

Untuk beberapa pelari yang telah terlatih dengan kegiatan rutin lari, pilih sepatu yang pas jadi kunci untuk tingkatkan perform dan meminimalkan dampak negatif luka.

Sepatu lari untuk pelari eksper biasanya mempunyai design lebih enteng dan responsive

Gery Halim, seorang Merek Pemasaran Divison Manajer MAP dari produk sepatu lari HOKA menerangkan jika sepatu yang pas untuk pelari eksper ialah sepatu yang bisa memberi energy return terbaik.

Tipe sepatu semacam itu akan baik sekali untuk pelari yang menyukai berlari cepat dan menarget pace yang jauh.

3. Tipe Sepatu Untuk Pelari Pemula

Berlainan dengan pelari eksper yang mempunyai keperluan detil, pelari pemula biasanya memerlukan sepatu yang sangat nyaman, mendukung, dan tawarkan kestabilan yang bagus untuk menolong mereka menyesuaikan dengan kegiatan lari.

“Sepatu yang memiliki mid sole cushion yang tebal, dari sisi comfort itu tentu sudah hebat,” tutur Gerry.

Kestabilan sebuah sepatu penting untuk didapat untuk seorang pelari pemula, karena akan menolong waktu berlari melalui jalanan kelokan. Sepatu yang imbang akan menolong kaki dalam bergerak lebih aman.

4. Cari Mode dan Warna yang Menarik

Selainnya fokus pada feature sepatu, cari mode dan warna yang memikat untuk diri kita rupanya penting juga.

Saykoji, seorang rapper Indonesia membagi kisah hidupnya saat pilih sepatu saat dia memilih untuk berlari, “Pertama, saya pilih sepatu warna kuning. Mengapa begitu? karena itu hal pertama yang jelas saya simak di rumah jika bangun pagi . Maka secara look membantu untuk berikan motivasi,” terangnya pada acara yang masih sama.

Mode dan warna yang memikat dan memang dicintai dengan individual akan membuat kamu agar semakin semangat saat menggunakannya dan memulai berlari.

5. Tentukan Sepatu yang Paling Nyaman dan Cocok di Kaki

Kenyamanan ialah faktor paling penting saat pilih sepatu lari. Sepatu yang tidak nyaman bisa mengakibatkan lecet, ngilu kaki, serta luka.

Seorang olahragawan lari profesional, Novia Nur Nirwani menerangkan jika sepatu yang sangat nyaman adalah kunci khusus dari kelancaran berlari, “Dahulu saya sebelumnya pernah di 2017 itu luka karena seringkali mengganti sepatu, karena memang sepatunya itu engga pas begitu dikaki. Ada yang terlampau keras, ada yang terlampau sempit.”

6. Coba Foot Scanner

Salah satunya panduan yang lain saat pilih sepatu lari dengan coba alat foot scanner.

“Foot scanner dapat menolong kawan-kawan saat pilih size sepatu, atau rupanya keadaan kakinya ada keadaan keperluan khusus tertentu,” terang Gerry.

Salah satunya keadaan kaki yang umumnya memerlukan tipe sepatu khusus ialah kaki dengan keadaan flat foot atau disebutkan kaki rata di mana salah satunya atau ke-2 kaki mempunyai sedikit lengkungan atau mungkin tidak ada lengkungan sama sekalipun.

Alat ini bisa diketemukan di sejumlah toko sepatu lari, satu diantaranya di HOKA Flylab.