Sesuai perintah dari Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menebar potongan harga atau potongan biaya tol sampai 20% pada arus mudik dan arus kembali Lebaran 2024. Potongan harga biaya tol sejumlah 20% ini untuk Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Semarang dan kebalikannya.

Biaya Tol Trans Jawa Jakarta – Semarang Potongan harga 20%, Tulis Tanggalnya!

Lyricsearch.net, Jakarta – Sesuai perintah dari Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menebar potongan harga atau potongan biaya tol sampai 20% pada arus mudik dan arus kembali Lebaran 2024. Potongan harga biaya tol sejumlah 20% ini untuk Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Semarang dan kebalikannya.

Corporate Communication and Community Development Grup Head Jasa Marga Lisye Octaviana menerangkan, potongan harga biaya tol 20 % ini berlaku untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC.

“Potongan biaya tol ini mulai berlaku dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Khusus Jalan Tol Jakarta-Cikampek ke arah GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik dan dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang ke arah GT Cikampek Khusus Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus kembali,” kata Lisye, Senin (1/4/2024).

Potongan harga biaya tol 20 % ini berlaku untuk semuanya kelompok kendaraan. Maksudnya untuk mengoptimalkan distribusi lalu lintas dan menghindar dari penimbunan kendaraan di tanggal tertentu yang diprediksikan jadi arus pucuk mudik dan kembali.

Tehnis pemerlakukan potongan biaya tol adalah untuk semuanya kelompok kendaraan dan cuma untuk kendaraan asal GT Cikampek Khusus dan transaksi bisnis keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada masa arus mudik yakni mulai Rabu, 3 April 2024, jam 05.00 WIB sampai Jumat, 5 April 2024 jam 05.00 WIB.

Arus Kembali

Sementara itu untuk arus kembali, potongan biaya tol cuma untuk kendaraan asal GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan transaksi bisnis keluar di GT Cikampek Khusus Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Rabu, 17 April 2024, jam 05.00 WIB, sampai Jumat, 19 April 2024 jam 05.00 WIB.

“Potongan biaya ini berlaku untuk pemakai jalan yang memakai uang electronic. Karena itu, kami minta pemakai jalan bisa pastikan persiapannya saat sebelum lakukan perjalanan, salah satunya dengan pastikan kecukupan saldo uang electronic dan BBM, dan pastikan keadaan kendaraan atau pengendaranya pada keadaan yang maksimal,” sebut Lisye.

Lisye mengharap potongan biaya tol 20 % ini bisa jadi referensi untuk warga yang mempunyai kelonggaran waktu lebih panjang supaya bisa mengelola waktu perjalanan mudik lebih cepat dan perjalanan kembali lebih akhir. Hingga warga masih tetap bisa manfaatkan potongan biaya tol.

Ada Potongan harga Biaya Tol saat Liburan Mudik Lebaran 2024

Awalnya, pemerintahan pastikan tubuh usaha jalan tol (BUJT) akan memberi potongan harga biaya tol sepanjang musim mudik Lebaran 2024. Hal itu disingkap oleh Menteri Tugas Umum dan Perumahan Masyarakat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Pemberian potongan harga biaya tol ini dilaksanakan pada beberapa tahun sebelumnya.

“Insya Allah ada karena potongan harga itu untuk atur lalu lintas ,” kata Basuki d ikutip dari Di antara, Kamis (14/3/2024).

Sejumlah BUJT sediakan potongan harga tol pada masa-periode tertentu seperti musim berlibur saat Lebaran, Natal, dan Tahun Baru.

Potongan harga ini diterapkan salah satunya untuk menolong kelancaran lalu lintas dan mengurangi beban ongkos perjalanan warga, dan menggerakkan rekreasi.

Tetapi, potongan harga biaya tol umumnya diaplikasikan di beberapa jam tertentu di luar tanggal pucuk arus mudik buat menggerakkan pemakaian jalan tol di luar jam repot dan mengurai kemacetan.

Basuki menjelaskan sampai sekarang ini tidak ada BUJT yang ajukan pemerlakukan potongan harga biaya tol. Namun, ia pastikan potongan harga tetap diterapkan pada peristiwa Lebaran tahun ini.

Gerakan Warga saat Lebaran

Tubuh Peraturan Transportasi Kementerian Perhubungan memprediksikan gerakan warga sepanjang Idul Fitri 2024 capai 193,enam juta orang.

Menteri Perhubungan Budi Kreasi Sumadi menjelaskan angka itu bertambah dibanding gerakan warga pada periode Lebaran 2023, yaitu 123,delapan juta orang.

Dia menjelaskan pemerintahan akan mengaplikasikan taktik mendalam untuk menangani kenaikan pemudik, yang dicemaskan akan mengakibatkan kemacetan di simpul dan batas jalan. Taktik ini akan fokus pada tiga faktor khusus: skema perjalanan, skema transportasi, dan skema lalu lintas.

“Penataan waktu mudik, penyelenggaraan potongan harga biaya transportasi umum untuk mudik lebih awal, mudik gratis, eksperimen lalu lintas , potongan harga biaya jalan tol, sampai penataan lalu lintas khususnya pada wilayah yang berefek terjadi kepadatan hebat akan kami kerjakan,” sebut Budi.

Prediksi pucuk arus mudik berdasar opsi warga ialah H-2 atau Senin, 8 April 2024 dengan kekuatan gerakan 26,enam juta orang. Dan prediksi pucuk arus kembali ialah H+3 yaitu Minggu, 14 April 2024 dengan kekuatan gerakan 41 juta orang.