Livery Motor Balap HRC Berbeda Jauh Dibandingkan Saat Masih Ada Marc Marquez

Livery Motor Balap HRC Berbeda Jauh Dibandingkan Saat Masih Ada Marc Marquez

Lyricsearch.net, Jakarta – Livery motor balap team pabrikasi Honda Racing Corporation (HRC) jauh berbeda dibandingkan saat ada Marc Marquez. Nuansa Repsol yang sama dengan warna oranye benar-benar menyusut pada livery Honda RC213V. Saat ini mengangkat cat biru tua, merah, dan oranye.

Posisi simbol Repsol di turunkan ke fairing bawah, lokasi yang dulu diisi Red Bull. Mengecilnya simbol Repsol diyakinkan karena pindahnya Marc Marquez ke Gresini Ducati.

Selanjutnya posisi yang semula ada simbol Repsol ditukar menjadi simbol Honda memiliki ukuran besar. Dan tagline Astra Honda Motor (AHM) One Heart dan Satu Hati masih tiap melekat pada bagian dekat jok.

Sementara sepatbor depan dan pelek sekarang gunakan warna hitam. Membuat penampilan RC213V MGO55 seperti lebih gelap dari versi-versi sebelumnya.

Di lain sisi, livery baru adalah perayaan 30 tahun kerjasama dan kerja sama di antara Honda HRC dengan perusahaan minyak raksasa asal Spanyol. Ini adalah kerja sama terlama pada dunia motorsport beroda 2.

Jalinan ini sudah hasilkan 15 Kejuaraan Dunia, enam Juara Dunia berlainan, 183 kemenangan kelas premier, 455 tribune dan sembilan Triple Crown.

Dapat disebut, ini adalah peralihan paling radikal tim Repsol Honda semenjak 1995. MotoGP 2024 sendiri menjadi musim pertama Repsol Honda tanpa Marc Marquez yang telah perkuat team semenjak 2013. Musim ini team diisi Joan Mir dan Luca Marini.

Sebagai team paling sukses di MotoGP dengan titel juara dunia untuk Mick Doohan, Alex Criville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, dan Marc Marquez, Repsol Honda tidak pernah mencetak kemenangan di balapan semenjak sukses Marquez finish pertama di Misano di akhir MotoGP 2021.

Tetapi, Alex Rins dari LCR Honda memutus paceklik kemenangan Honda di MotoGP Amerika Serikat 2023. Meskipun begitu, Honda masih tetap ada pada posisi terikuth klassemen konstruktor, sama dengan Yamaha.

Tetapi saat ini mereka memperoleh keuntungan dari ketentuan konsesi tehnis yang sudah dikoreksi untuk musim 2024.

Termasuk akses untuk lakukan pengetesan individu dengan beberapa rider, pembebasan dari pembekuan design mesin, serta lebih banyak penyempurnaan aero.

Musim Penting Untuk HRC

Honda RC213V 2024 bukan hanya mendatangkan livery baru, tapi juga beberapa kenaikan pada semua mesin. Dimulai dari koreksi aerodinamis sampai pembaruan pada mesin dan sasis.

Riset dan peningkatan intens di luar musim sudah melahirkan sepeda motor yang disebut langkah awal saat tutup ketimpangan dan berusaha untuk posisi paling depan.

Baik Tetsuhiro Kuwata, General Manajer HRC, dan Alberto Puig, Manager Team Repsol Honda, menyorot keutamaan musim ini untuk team dan kejuaraan.

Pada test pramusim MotoGP Sepang beberapa lalu, Joan Mir tempati urutan ke-10. Ia berbeda 0,692 detik dari juara dunia MotoGP 2023 sekalian rider paling cepat, Francesco Bagnaia.

Sementara Luca Marini, adik kandungan Valentino Rossi, ada di posisi ke-19 atau mempunyai jarak 1,326 detik dari Bagnaia.

Test selanjutnya berjalan di Circuit Lusail, Qatar pada 19-20 Februari. Sementara seri pertama diadakan di track sama di awal Maret.