10 Tanda-tanda Ketagihan Sex Salah Satunya Lebih Kerap Coli Daripada Bersosialisi

10 Tanda-tanda Ketagihan Sex, Salah Satunya Lebih Kerap Coli Daripada Bersosialisi

Lyricsearch.net, Jakarta – Ketagihan sex ialah skema stimulan, tekanan, atau pikiran seksual yang berulang-ulang dan intensif yang ke arah pada sikap seksual terlalu berlebih.

Terus-terusan pikirkan fantasi seksual sampai tidak pedulikan tanggung-jawab harian bisa menjadi satu diantara pertanda ketagihan sex.

Ketagihan sex berlainan dengan mempunyai dorongan sex yang lebih tinggi (libido tinggi), yang mengikutsertakan kenaikan ketertarikan atau kemauan untuk beraktivitas seksual.

Orang dengan ketagihan sex dengan terus-terusan melakukan tindakan berdasar dorongan dan kemauan mereka.

Bahkan juga, walaupun mereka sadar jika itu bikin rugi kesehatan psikis, fisik, dan jalinan mereka.

Istilah yang lain dipakai untuk ketagihan sex, salah satunya:

  1. Hiperseksualitas
  2. Masalah sikap seksual kompulsif
  3. Kompulsif seksual
  4. Masalah hiperseksual
  5. Masalah ketagihan seksual.

“Ketahui pertanda kekuatan ketagihan sex bisa menolong Anda tentukan apa dorongan dan sikap seksual Anda lebih dari sekedar libido tinggi,” kata psikiater Aleesha Grier mencuplik Verywell Health, Sabtu 13 Januari 2024.

Tanda-tanda ketagihan sex bisa bervariatif dari orang pada orang dan mungkin termasuk:

Dorongan yang terlalu berlebih dan tidak teratasi untuk beraktivitas seksual walaupun berpengaruh jelek pada kesehatan, jalinan, tugas, atau sektor kehidupan yang lain.
Terus-terusan pikirkan fantasi seksual, dorongan, atau berencana hubungan seks yang bisa mengusik tanggung-jawab setiap hari.
Lenyapnya kendalian atas dorongan seksual, kerap kali ke arah pada sikap beresiko.

Macam-Macam Tanda-tanda Ketagihan Sex

Tanda-tanda yang lain dapat mengarah pada ketagihan sex ialah:

  1. Mengutamakan sikap seksual di atas tanggung-jawab seperti tugas, kegiatan sosial, atau loyalitas keluarga
  2. Terturut dalam kegiatan seksual yang makin intensif atau beresiko untuk capai tingkat kepuasan yang diharapkan
  3. Berkali-kali coba kurangi atau stop lakukan sikap seksual kompulsif, tetapi gagal
  4. Merasa malu, bersalah, kuatir, atau menyesal karena minimnya kendalian pada dorongan seksual
  5. Alami kemelut jalinan atau permasalahan hukum, keuangan, atau kesehatan sebagai akibatnya karena sikap seksual kompulsif
  6. Merasa kuatir, stres, atau gampang tersinggung saat tidak bisa beraktivitas seksual
  7. Sembunyikan sikap seksual dari orang yang disayangi atau beraktivitas yang terkait dengan sex sendiri untuk menghindar dari penilaian seseorang

Tanda-Tanda Ketagihan Sex yang Bisa Kelihatan

Orang yang ketagihan sex tidak bisa ditegaskan cukup dengan mempunyai libido yang lebih tinggi dan kerap pikirkan fantasi sex.

Ada pertanda yang lain lebih detil yang bisa memperlihatkan jika seorang alami ketagihan sex, termasuk:

Habiskan Banyak Waktu untuk Sex

Orang yang ketagihan sex bisa kelihatan condong habiskan semakin banyak waktu untuk kegiatan seksual daripada kegiatan yang lain.

Contohnya masturbasi, cari pasangan sex baru, perlakuan sex yang makin beresiko, kerap kali bikin rugi tanggung-jawab atau meremehkan jalinan sosial yang lain.

Sikap Tertutup

Orang dengan ketagihan sex kerap kali rahasiakan kegiatannya, sembunyikan bukti hubungan seks, atau menghindar dari dialog mengenai perbuatannya.

Jalinan yang Terlewatkan

Ketagihan sex bisa lemahkan jalinan emosional sama orang yang disayangi, mengakibatkan jarak emosional dan kemelut dalam hubungan dengan rekan dan keluarga.

Pertanda Lain dari Ketagihan Sex

Permasalahan Keuangan yang Tidak Terang

Orang yang ketagihan sex bisa juga alami permasalahan keuangan yang tidak bisa diterangkan. Tanda-tanda meliputi pengeluaran terlalu berlebih untuk kegiatan seksual, karyawan sex, atau pornografi, yang bisa mengakibatkan kesusahan keuangan.

Tidak berhasil untuk Menghindar dari Sex

Orang yang ketagihan sex bisa jadi mengutarakan kemauannya untuk kurangi kegiatan seksualnya. Tetapi, ia kesusahan mengontrol dorongan dan sikapnya.

Peralihan Situasi Hati

Peralihan situasi hati yang mendadak, seperti gampang tersinggung, bersalah, atau kuatir, umum terjadi saat orang itu tidak bisa beraktivitas seksual.

Pengurangan Keproduktifan dan Hubungan Sosial

Ketagihan sex disangkutkan menyusutnya hubungan sosial, pengurangan keproduktifan pada tempat kerja, dan penarikan diri dari kegiatan yang pernah dicicipi karena keasikan dengan dorongan seksual.