Kecelakaan kereta api di Cicalengka Bandung dua korban tetap terjerat dalam gerbong

Kecelakaan kereta api di Cicalengka Bandung dua korban tetap terjerat dalam gerbong

Lyric search – Dua kereta api bertubrukan di satu lajur rel di Dusun Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jumat (05/01) pagi.

Dua kereta api yang bertubrukan itu ialah KA Turangga jalur Surabaya-Bandung dengan KA Commuter Line Bandung Raya jalur Padalarang-Cicalengka, sekitaran jam 06.03 WIB.

Belumlah diketahui pemicu tubrukan dua kereta ini. Faksi PT KAI mengatakan pemicu kecelakaan baru dapat diketahui sesudah ada “interograsi”.

Urutan Kronologi

Saat kecelakaan terjadi, Commuter Line Bandung Raya barusan tinggalkan Stasitun Haurpugur dan tengah ke tujuan pada akhirnya di Stasiun Cicalengka. Dalam pada itu, Kereta Api Turangga telah melalui Stasiun Garut dan diperjalanan ke Stasiun Bandung

Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanapi berbicara, dua kereta ini bertubrukan di petak jalan di antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka. Tubrukan terjadi di lajur tunggal.

Dalam proses lalu lintas di lajur Haurpugur-Cicalengka, cuman satu kereta yang bisa lewat di lajur tunggal tersebut. Ayep berbicara, lajur tunggal itu diutamakan untuk kereta jarak jauh. Maknanya, kereta lokal harus stop dan menanti lajur itu kosong.

“Kereta lokal menanti di stasiun, sesudah km aman baru kereta itu bisa meneruskan perjalanan,” tutur Ayep.

“Pokoknya untuk lajur Cicalengka-Haurpugur, pada sebuah petak jalan cuma bisa ada satu kereta api,” katanya.

Penataan lalu lintas di lajur ini dikoordinasikan dengan seorang pimpinan perjalanan kereta api (PPKA).

Tetapi sampai sekarang ini, PT KAI mengatakan tidak dapat mengaitkan pemicu tubrukan di antara KA Turangga dan kereta Commuter Line Bandung Raya. Ringkasan masalah kejadian ini harus menanti interograsi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNTK), kata Ayep Hanapi.

“Akan kami pelajari peristiwanya. Masih menanti KNKT,” katanya.

Jumlah korban

Mengarah pengakuan sah Polda Jawa Barat pagi barusan, ada minimal tiga korban meninggal karena kecelakaan ini. Tiga korban itu ialah masinis dan pendamping masinis kereta Commuter Line Bandung Raya dan seorang pramugara di KA Turangga.

Tetapi sekitaran jam 11.30 WIB, ada perubahan terkini masalah jumlah korban meninggal ini. Menteri Koordinator Sektor Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, yang ada di lokasi peristiwa, menyebutkan korban yang telah ditegaskan meninggal sejumlah dua, yakni masinis dan pendamping masinis kereta Commuter Line Bandung Raya.

Tetapi, kata Muhadjir, mengarah beberapa kewenangan di lokasi kecelakaan, terdapat dua orang yang sampai sekarang ini tetap ada dalam gerbong. Team penyelamat yang dikoordinasikan Basarnas tengah berusaha menyelamatkan dua korban ini.

“Dua korban itu tidak dapat ditetapkan statusnya. Mudah-mudahan mereka dapat ditolong,” kata Muhadjir.

“Basarnas telah mempunyai sejumlah gagasan. Gagasan pertama, gerbong diambil agar petugas penyelamat dapat masuk. Jika gagasan itu tidak dapat dilaksanakan, kelak gerbong akan dipotong,” tutur Muhadjir.

Saat tubrukan terjadi, KA Turangga bawa 287 penumpang, kata Ayep Hanapi, Juru Berbicara PT KAI DAOP 2. Adapun kereta Commuter Line Bandung Raya membawa 191 penumpang.

Selainnya tiga korban meninggal, minimal 28 penumpang dibawa ke RSUD Cicalengka.

Vice President Publik Relations PT KAI, Joni Martinus, saat interviu dengan KompasTV, Jumat pagi, menjelaskan, kecelakaan kereta itu terjadi pada km 181 di antara Stasiun Haurpugur dan Cicalengka.

Main slot online terbaik hanya di Mgo777

Di video yang tersebar di sosial media, tubrukan itu mengakibatkan sejumlah gerbong keluar rel dan ada juga yang terangkut.

Beberapa laporan media mengatakan beberapa penumpang sedang diusahakan untuk diselamatkan.

Seorang saksi mata di salah-satu kereta api menjelaskan, tubrukan itu memunculkan “suara yang keras”, bebernya ke KompasTV.

Penumpang yang ada di gerbong tiga itu melihat ada banyak penumpang “yang terlontar” dari kursinya.

Diakuinya cuma lecet di kakinya.

‘Lakukan interograsi bersama KNKT’

Imbas dari tubrukan ini, lajur rel di antara Haurpugur-Cicalengka “untuk saat ini tidak bisa dilewati”, kata petinggi PT KAI, dalam info tercatatnya.

Mereka selanjutnya mohon maaf atas terusiknya servis karena kecelakaan itu, tutur EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji, Jumat (05/01).

“Untuk perjalanan KA-KA yang hendak lewat di daerah Haurpugur-Cicalengka, KAI akan lakukan usaha eksperimen skema operasi berbentuk jalan putar dan peralihan memakai angkutan lain,” tuturnya.

Sampai sekitaran jam 09.20 WIB, PT KAI sedang berusaha menyelamatkan dua serangkaian kereta api. Mereka berusaha membenahi lajur rel yang rusak.

Diterangkan jika KAI akan lakukan interograsi bersama KNKT untuk ketahui pemicu kecelakaan.

Tidak di pungkirilagi mgo777 ialah tempat slot terbaik sepanjang masa dan abat