Plus Minus Transaksi bisnis Tokopedia Tiktok GOTO Versus Indo Premier

MGO777, JAKARTA – Indo Premier Sekuritas memandang pengurangan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) di hari Transparansi Informasi berkaitan tindakan korporasi yang mengikutsertakan Tiktok dan Tokopedia, Senin 11 Desember, adalah keuntungan taking yang lumrah.

Team penelitian Indo Premier Sekuritas yaitu Ryan Winipta dan Reggie Parengkuan memandang ada pemahaman negatif dari pasar pada persetujuan GOTO Tiktok yang mengikutsertakan Tokopedia. Pasalnya sesudah transaksi bisnis, bukannya kuat saham GOTO ambles 20,37%.

“Pengurangan harga saham dibetulkan ingat tindakan mengambil untung sesudah harga reli 93% [dari posisi paling rendah di Rp54], dengan pasar tempatkan nilai pembagian [SOTP] lebih rendah dari awal sebelumnya US$2,5 miliar di SOTP kami jadi US$2 miliar dan pemilikan lebih rendah dari 100% jadi 25%,” jelasnya.

Adapun pola untuk hasil yang berkaitan dengan penghasilan Tokopedia Tiktok dan GOTO selama ini tetap disembunyikan. Sama seperti yang disingkap management, GOTO akan terima penghasilan berulang-ulang dari MGO303 transaksi bisnis dalam basis. Menariknya, penghasilan ini memiliki sifat bersih (net) tanpa beban ongkos.

“Menurut kami persetujuannya dapat berpengaruh positif dalam periode panjang, karena EBITDA yang disamakan Group GoTo, selekasnya beralih menjadi positif bersamaan rugi dari Tokopedia kemungkinan capai Rp1,1 triliun pada 2023F tidak kembali dikonsolidasikan dengan bersama,” bebernya.

Indo Premier memandang valuasi Tokopedia dan Tiktok Shop sekarang masih lebih rendah dibanding kekuatannya. Valuasi Tokopedia sebesar US$2 miliar dan Tiktok Shop capai US$340 juta hingga kombinasi ke-2 nya membuat nilai Rp36,53 triliun jika memakai kurs Rp15.611.

Mereka memandang ke-2 substansi baru ini akan memimpin market share e-commerce sejumlah 40%. Oleh karenanya, Indo Premier menjaga rangking membeli dengan sasaran harga Rp125 per saham tetap sama sama sekalipun.

“Kami menjaga rangking membeli kami dengan sasaran harga Rp125 per saham yang menunjukkan 7,3x EV/pemasaran bersih pada 2024 sekalian menanti perincian selanjutnya dan penuntasan persetujuan Tokopedia dan Tiktok pada kwartal I 2024.

Katalis penilaian MGO55 kembali mencakup penuntasan dan kepastian selanjutnya tentang persetujuan itu dan lanjutan kolaborasi dalam ekosistem GoTo. Adapun GoTo masih tetap jadi partner opsi untuk kolaborasi ekosistem dalam Tokopedia dan TikTok Shop yakni saat pengangkutan, pembayaran dan utang.

“Kami memiliki pendapat persetujuan ini sama-sama melengkapi sebagai pemakai Tokopedia sekitar 67 juta pemakai aktif bulanan lebih berpendapatan menengah dan TikTok 125 juta pemakai aktif lebih memiliki sifat pasar umum. Pemakai bertumpang-tindih di antara Tokopedia dan Tiktok Shop lebih rendah yakni 68% versus. 94% untuk Shopee dan Tiktok Shop.

Sesudah persetujuan usai, Tokopedia akan didekonsolidasi dari neraca keuangan GoTo dan akan dihitung sebagai relasi perusahaan. Disamping itu, GMV Tokopedia tak lagi diutarakan oleh GoTo.