Siapa Pengurus McDonald’s di Indonesia?

Komunitas Pejuang Gacor – McDonald’s memperoleh ajakan memboikot dari beberapa warga dunia selesai restaurant cepat sajian itu memberi makanan gratis ke tentara Israel. Pemberian makanan itu di tengah-tengah menghangatnya perselisihan Hamas versus Israel di Lajur Gaza.
Beberapa pemakai Twitter atau X mengomentari perlakuan waralaba McD di Israel itu dan mendakwanya terturut dalam perselisihan.

Lepas dari itu, McDonald’s atau McD sendiri pertama kalinya masuk ke dalam Indonesia pada 1991 dengan buka restaurant pertama kalinya di Sarinah, Thamrin. Selanjutnya pada 2009 lantas pengendalian McD Indonesia digenggam PT. Rekso Nasional Food (RNF) yang disebut anak usaha dari PT Anggada Putra Rekso Mulia atau Rekso Grup.

Menurut website resmi McDonald’s Indonesia, saat itu RNF tanda-tangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Properti Company (MIPCO) yang memberi ijin untuk menjalankan semua restaurant dengan merek McDonald’s dan buka restaurant baru di semua Indonesia.

Sampai sekarang ini di bawah bendera RNF, McD sudah buka lebih dari 200 gerai yang menyebar di beberapa kota. Disebutkan jaringan restaurant ini sudah mengaryakan lebih dari 14.000 pegawai di semua gerai di Tanah Air.

Sebagai mana telah diterangkan awalnya, RNF ialah satu diantara beberapa anak usaha Group Rekso. Dalam pada itu, Group Rekso sendiri pertama kalinya dibangun oleh-oleh keluarga Sosrodjojo.

Tetapi saat sebelum jadi Rekso Grup, keluarga konglomerat ini pertama kalinya meniti usaha mereka dengan membangun PT Cahaya Sosro. Karena kesuksesan Cahaya Sosro inilah yang bawa keuntungan untuk keluarga pendirinya sampai bisa mempunyai McD Indonesia.

Bahkan juga dalam catatan detikcom, Soegiharto Sosrodjojo yang disebut ahli waris angkatan ke-2 dari perusahaan itu sebelumnya sempat masuk ke barisan orang paling kaya kesepuluh di Indonesia di tahun 2009 menurut Forbes.

Waktu itu dianya sebelumnya sempat terdaftar mempunyai kekayaan bersih US$ 1,2 miliar atau sama dengan Rp 17,13 triliun (jika dihitung dalam kurs Rp 14.275/dolar AS). Walau tidak kembali masuk ke urutan orang paling kaya RI versus Forbes, tidak disangkal jika pemilik Teh Botol Sosro dan McDonald’s Indonesia ini adalah salah seorang konglomerat terkenal.

Baca juga: LINK syur REBECCA