PSSI Kirim Surat ke AFF, Ajukan pertanyaan Permainan Kasar Vietnam

Komunitas Pejuang Gacor – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjelaskan faksinya telah mengirimi surat ke Liga Sepak Bola ASEAN (AFF) berkaitan permainan kasar Vietnam saat Tim nasional Indonesia U-23 kalah di final Piala AFF U-23 2023, 26 Agustus kemarin.

Indonesia kalah beradu penalti dari Vietnam pada final Piala AFF U-23 2023. Tetapi beberapa pro-kontra terjadi pada pertandingan final di Stadion Rayong, Thailand, tersebut.

Vietnam semestinya kehilangan pemain Nguyen Hong Phuc yang ketangkap camera dengan menyengaja menyikut Haykal Al Hafiz. Disamping itu Hong Phuc dengan kasar menyalahi Arkhan Fikri di menit ke-101.

Tetapi pelanggaran-pelanggaran polemis itu tidak dijatuhi hukuman wasit. Vietnam akhiri pertandingan dengan 11 pemain dan menang 6-5 atas Indonesia di pertandingan final Piala AFF U-23 2023.

Erick Thohir menjelaskan PSSI telah mengirimi surat ke AFF, minta kewenangan sepak bola Asia Tenggara itu menilai kejadian polemis di final. Disamping itu PSSI merencanakan kurangi kesertaan di kompetisi yang diadakan AFF.

“Kita kirim surat [ke AFF]. Kita ingin menanyakan bagaimana penilaian pada mereka. Kita sedang dialog bagaimana dengan agenda kita yang padat, di antara agenda FIFA, liga. Kita harus juga berpikiran kelak agenda-jadwal yang bukan kalender FIFA, kemungkinan kita harus turunkan. Karena bukan permasalahan benar dan salah, karena jumlah pemain kita ini belum tebal,” sebut Erick.

“Misalkan di U-17 ada 40 pemain sama rata, U-20, U-40, timnas 60, kita dapat memecahkan team. Hanya jika saat ini kan [belum dengan tebal itu]. Contoh dari pemain senior luka tiga, ngambil dari U-23. Maknanya apa? Tipis . Maka kalender-kalender non-FIFA kita ulasan,” tutur Erick di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (8/9).

Awalnya ada tekanan supaya PSSI keluar AFF sesudah beberapa faksi memandang Tim nasional Indonesia U-23 diakali di Piala AFF U-23 2023. Tetapi Erick ingin konsentrasi ke kurangi kesertaan Tim nasional Indonesia di gelaran AFF bila tidak sesuai kalender FIFA dan bentrokan dengan agenda liga.

Cek terus berita terupdatenya hanya di Komunitas Pejuang Gacor