Jalur LRT Jabodebek dan Stasiun yang Terhubung KRL, Transjakarta sampai KA Bandara

KOMUNITAS PEJUANG GACOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah resmikan light rail transit Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi atau LRT Jabodebek bekerja. Pengesahan ini dilaksanakan di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Selatan, Senin, 28 Agustus 2023.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim saat pagi ini hari saya meresmikan kereta api enteng LRT terpadu di daerah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi, terima kasih,” sebut Jokowi saat resmikan LRT Jabodebek, Senin, 28 Agustus 2023.

Jokowi menjelaskan jika DKI Jakarta masuk ke 10 kota termacet di dunia dengan 996 ribu kendaraan yang masuk sehari-harinya. Berikut sebagai argumen dibuatnya fasilitas transportasi umum MRT, LRT, KRL, Transjakarta, BRT, dan kereta lapangan terbang. Maksudnya ialah supaya warga berpindah dar transportasi individu ke transportasi umum.

“Ini hari Alhamdulillah LRT sudah siap dioperasionalkan baik yang dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 km. LRT habiskan bujet Rp 32,6 triliun. Kami harap warga berbondong berpindah ke LRT baik yang dari Cibubur dan sekelilingnya atau Bekasi dan sekelilingnya hingga kemacetan di jalan dapat kita jauhi dan pencemaran dapat kita turunkan,” sebut Jokowi.

Lalu, bagaimana jalur LRT Jabodebek dan stasiun yang tersambungnya? Baca ringkasan info secara lengkap di bawah ini.

LRT Jabodebek mempunyai 18 stasiun untuk lintasi perjalanan Cibubur dan Bekasi yang terpadu dengan Depok dan Jakarta. Adapun jalur LRT Jabodebek ialah seperti berikut:

Lintasi Cibubur:
– Stasiun LRT Dusun Atas

– Stasiun LRT Setiabudi

– Stasiun LRT Rasuna Said

– Stasiun LRT Kuningan

– Stasiun LRT Pancoran

– Stasiun LRT Cikoko

– Stasiun LRT Ciliwung

– Stasiun LRT Cawang

– Stasiun LRT TMII

– Stasiun LRT Daerah Rambutan

– Stasiun LRT Ciracas

– Stasiun LRT Harjamukti

Lintasi Bekasi:
– Stasiun LRT Dusun Atas

– Stasiun LRT Setiabudi

– Stasiun LRT Rasuna Said

– Stasiun LRT Kuningan

– Stasiun LRT Pancoran

– Stasiun LRT Cikoko

– Stasiun LRT Ciliwung

– Stasiun LRT Cawang

– Stasiun LRT Halim

– Stasiun LRT Jatibening Baru

– Stasiun LRT Cikunir 1

– Stasiun LRT Cikunir 2

– Stasiun LRT Bekasi Barat

– Stasiun LRT Jatimulya

Stasiun yang Terhubung dengan LRT Jabodebek
Selainnya mempunyai 18 stasiun penghentian, LRT Jabodebek juga terpadu dengan beberapa model transportasi umum yang lain. Salah satunya ialah KRL, Kereta Lapangan terbang, Transjakarta, Trans Patriot Bekasi, Transjabodetabek (Royal Trans), sampai Angkutan perkotaan atau angkot. Adapun stasiun yang terhubung dengan LRT Jabodebek ialah seperti berikut:

1. Stasiun LRT Harjamukti terpadu dengan Halte Transjakarta Cibubur Junction. Ada model transportasi Transjakarta Reguler, Transjabodetabek, Royal Trans, Mikrotrans, Angkot Depok, dan Angkot KWK.

2. Stasiun LRT Ciracas terpadu dengan Mikrotrans dan Angkot KWK.

3. Stasiun LRT Daerah Rambutan terpadu dengan Transjakarta Reguler, Transjabodetabek, Mikrotrans, Angkot Bekasi,dan Angkot KWK.

4. Stasiun LRT TMII terpadu langsung dengan Halte Transjakarta Garuda Taman Mini. Ada Transjakarta Reguler, Royal Trans, Mikrotrans, Angkot Bekasi, Angkot KWK.

5. Stasiun LRT Cawang terpadu dengan Halte Transjakarta BNN. Ada Transjakarta Reguler dan Transjabodetabek.

6. Stasiun LRT Ciliwung terpadu dengan Halte Transjakarta Cawang Ciliwung dan ada model transportasi Transjakarta Reguler.

7. LRT Cikoko terpadu dengan Halte Transjakarta Cawang Ciliwung dan Stasiun KRL Cawang . Maka, ada Transjakarta Reguler dan KRL Commuter Line.

8. Stasiun LRT Dusun Atas terpadu dengan Halte Transjakarta Dusun Atas II dan Stasiun KRL Sudirman. Ada Stasiun MRT Dusun Atas dan Stasiun Kereta Api Lapangan terbang BNI City.

Rute Angkutan Umum yang Layani LRT Jabodebek
Sekitaran 203 rute transportasi umum menyebar untuk layani LRT Jabodebek disekitaran teritori stasiun. Salah satunya ialah 11 rute di Stasiun Harjamukti, 5 rute di Stasiun Ciracas, 25 rute di Stasiun Daerah Rambutan, dan 15 rute di Stasiun TMII.

Ada pula 18 rute di Stasiun Cawang, 10 rute Stasiun Ciliwung, 9 rute Stasiun Cikoko, 12 di Stasiun Pancoran, 9 di Stasiun Kuningan, dan 9 rute di Stasiun Rasuna Said. Disamping itu, ada 9 rute di Stasiun Setiabudi, 8 di Stasiun Dusun Atas, 19 di Stasiun Halim, 6 di Stasiun Jatibening, 5 di Stasiun Cikunir 1, 4 rute di Stasiun Cikunir 2, sekitar 15 rute di Stasiun Bekasi Baru, dan 14 rute di Stasiun Jatimulya.