Jakarta, komunitas Server Gacor – Team astronom dari Transiting Exoplanet Survei Satellite NASA sudah temukan beberapa planet Bumi Super. Planet-planet itu disebutkan dapat ditempati, sama ukuran berlainan dari Bumi.
Satu diantaranya memiliki ukuran 30% lebih besar dibanding Bumi. Planet ini mengorbit bintang induknya sepanjang kurang dari 3 hari. Planet yang lain mempunyai ukuran 70% lebih besar dibanding Bumi. Planet itu diprediksi mempunyai lautan dalam.

“Ke-2 exoplanet ini ialah super-Bumi atau lebih besar dibanding Bumi tapi lebih kecil dari raksasa es seperti Uranus dan Neptunus,” tulis ruang.com, d ikutip Jumat (4/8/2023).

Umumnya Bumi Super, mereka menjelaskan mengorbit pada bintang kerdil yang dingin. Bintang ini mempunyai massa lebih kecil dan hidup semakin lama dari Matahari.

Di luar angkasa ada beberapa ratus bintang kerdil untuk setiap bintang seperti Matahari. Bumi Super yang diketemukan mengorbit 40% dari bintang kerdil itu.

“Dengan memakai angka itu, beberapa astronom memprediksi jika ada beberapa puluh miliar Bumi Super di zone layak tinggal dan mempunyai cairan, itu cuma di Bima Sakti saja. Karena semua kehidupan di Bumi memakai air, air dipandang penting untuk kelayakhunian,” kata team astronom tersebut.

Dari prediksi sekarang ini, sepertiga Exoplanet adalah Bumi Super. Dengan demikian membuat jadi exoplanet umum diketemukan di Bima Sakti. Jarak Bumi Super dengan Bumi terdekat sekitaran enam tahun sinar.

Untuk mengetahui kehadiran exoplanet, team periset memakai dua sistem. Satu diantaranya ialah cari dampak gravitasi planet pada bintang induknya. Sistem yang lain dengan cari peredupan singkat sinar bintang ketika berada planet yang lewat di depannya.

Team periset sudah membuat beberapa ciri planet layak tinggal. “Menjadi planet yang paling layak tinggal akan mempunyai massa kurang lebih 2x lipat Bumi dan volumenya di antara 20 % dan 30 % semakin lebih besar,” tulis mereka.

Planet itu mempunyai lautan cukup dangkal untuk sinar yang hendak menggairahkan kehidupan sampai ke dasar laut. Rerata temperaturnya ialah slot77 derajat Fahrenheit atau sekitaran 25 derajat Celcius.

Atmosfer planet disampaikan lebih tebal dari yang dipunyai Bumi. Ini akan bermanfaat menjadi selimut isolasi.