Mata Kedutan Sebelah Kanan, Inilah Penyebab dan Cara Menanganinya

Mata kedutan sebelah kanan terjadi ketika otot di kelopak mata mengalami kontraksi berulang secara tiba-tiba dan tak terkontrol. Kondisi ini biasanya dapat hilang sendiri dan hanya berlangsung sesekali selama beberapa detik, atau tidak lebih dari 2 menit.

Jika terjadi sesekali, mata kedutan sebelah kanan biasanya disebabkan oleh kondisi yang tidak berbahaya dan bisa diatasi dengan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat. Beberapa penyebab tersebut adalah kurang tidur, mata kering, iritasi, stres, kebiasaan merokok, serta konsumsi kafein dan alkohol secara berlebihan.

Namun, mata kedutan sebelah kanan terkadang juga dapat menjadi tanda dari suatu kondisi kesehatan yang lebih serius.

Beragam Penyebab Mata Kedutan Sebelah Kanan

Mata kedutan sebelah kanan bisa menjadi gejala adanya gangguan pada saraf yang mengatur gerak kelopak mata atau otot sekitar mata. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan blefarospasme atau mata kedutan sebelah kanan adalah:

1. Hemifacial spasm

Hemifacial spasm merupakan kondisi yang membuat otot di salah satu sisi wajah menjadi kejang, termasuk mata kedutan sebelah kanan. Kondisi yang disebabkan oleh gangguan pada saraf kranial ini disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah yang menekan saraf wajah.

Hemifacial spasm biasanya dimulai dengan kedutan pada otot kelopak mata yang terjadi sesekali. Seiring berjalannya waktu, kedutan atau kejang menyebar secara bertahap dan melibatkan sebagian atau semua otot-otot di satu sisi wajah.

2. Bell’s palsy

Bell’s palsy merupakan kelainan saraf lainnya yang dapat menyebabkan mata kedutan sebelah kanan. Kondisi ini biasa diawali oleh infeksi virus, termasuk flu atau pilek. Setelah itu, terjadi kelumpuhan saraf yang mengontrol otot di salah satu sisi wajah.

Bell’s palsy akan menyebabkan separuh wajah penderitanya lumpuh. Mata penderitanya pun mengalami kedutan atau tidak bisa ditutup sama sekali, sehingga sering menyebabkan iritasi mata. Bell’s palsy akan sembuh sendiri dalam beberapa minggu.

3. Dystonia

Penyebab mata kedutan sebelah kanan lainnya adalah dystonia. Kondisi ini ditandai dengan tidak terkontrolnya pergerakan pada otot tertentu, termasuk mata, secara berulang yang terkadang menimbulkan nyeri.

Baca Juga : Bantuan pertolongan Pertama Cedera Tembak pada Korban

Dystonia biasanya diawali dengan kejang pada salah satu bagian tubuh. Namun, seiring berjalannya waktu, kejang akan meluas ke bagian tubuh lain atau makin parah.

4. Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan kondisi yang menyebabkan penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia. Penderitanya akan mengalami mata kedutan sebelah kanan, pergerakan yang lebih lambat, tremor, dan gangguan keseimbangan.

Meskipun biasanya terjadi pada lansia, penyakit Parkinson juga bisa dialami oleh orang muda berusia 20 tahun yang memiliki keluarga penderita penyakit ini.

5. Sindrom Tourette

Mata kedutan sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh sindrom Tourette. Sindrom ini merupakan gangguan pada sistem saraf dan otak yang menyebabkan penderitanya membuat gerakan tiba-tiba yang berulang serta tidak terkontrol (tic), termasuk mengeluarkan suara tertentu. Kondisi ini biasanya pertama kali muncul saat kanak-kanak.

6. Multiple sclerosis

Mata kedutan sebalah kanan juga bisa disebabkan oleh penyakit autoimun, seperti multiple sclerosis, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri.

Pada multiple sclerosis, sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan lemak yang melindungi serabut saraf (mielin). Akibatnya, terjadi gangguan komunikasi antara otak dan seluruh tubuh yang menyebabkan otot menjadi lemah dan sulit dikontrol, termasuk munculnya mata kedutan sebelah kanan.

7. Myasthenia gravis

Penyakit autoimun lainnya yang dapat menyebabkan mata kedutan sebelah kanan adalah myasthenia gravis. Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi yang memblokir dan menghancurkan jaringan yang menghubungkan sel saraf dan otot.

Hal ini membuat perintah gerak dan berhenti dari saraf ke otot terganggu, sehingga menyebabkan otot melemah, termasuk terjadinya mata kedutan sebelah kanan.

Menangani Mata Kedutan Sebelah Kanan

Untuk meringankan keluhan mata kedutan sebelah kanan, Anda bisa mencoba melakukan beberapa perubahan pola hidup yang sederhana, seperti:

  1. Cukupi waktu istirahat.
  2. Jangan mengonsumsi minuman berkafein dan minuman beralkohol.
  3. Jangan merokok.
  4. Jaga kelembapan mata dengan menggunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan.
  5. Lakukan kompres hangat pada mata kedutan sebelah kanan.
  6. Istirahatkan mata dengan cara melihat objek berjarak 6 meter selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Lakukan cara ini saat mata mulai terasa lelah atau tidak nyaman akibat menatap layar gawai terlalu lama.
  7. Namun, bila mata kedutan sebelah kanan disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, atau jika mata kedutan sebelah kanan yang Anda derita tidak kunjung membaik setelah menerapkan beberapa tips di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Dengan melakukan konsultasi, Anda akan mendapatkan penanganan lebih lanjut yang sesuai untuk mengatasi kondisi mata kedutan sebelah kanan yang Anda derita, baik dengan obat-obatan maupun operasi.